Rasyid Ridha (1865 - 1935 M)
Nama lengkapnya adalah Muhammad Rasyid bin Ali Ridha bin Syamsudin bin Baha’uddin al-Qalmuni al-Husaini. Nama populernya adalah Rasyid Ridha. Ia dilahirkan di Qalamun, yang tidak jauh dari Kota Tripoli Lebanon pada tanggal 23 September 1865 M.
Ridha termasuk anak yang rajin. Pada saat itu, anak-anak seusianya asyik main, ia justru menghabiskan waktunya untuk membaca buku. Setelah menyelesaikan pendidikan di Qalamun, ia melanjutkan belajarnya di Madrasah al-Wathaniyah al-Islamiyah (Sekolah Nasional Islam) di Tripoli.
Latar belakang pemikiran Ridha adalah tuntutan zaman yang menuntut adanya perubahan. Pada masa itu kondisi umat Islam berada pada posisi yang sangat buruk, kemunduran di berbagai bidang. Dalam pemikirannya, Ridha terpengaruh dengan pemikiran dari Jamaludin al-Afghani dan Muhammad Abduh. Setelah Jamaludin alAfghani wafat, Ridha ingin sekali bertemu Muhammad Abduh untuk belajar langsung dan mengetahui pandangannya tentang reformasi Islam. Kemudian, pada tahun 1897, Ridha bertemu dengan Muhammad Abduh.
Atas persetujuan Abduh, Ridha menerbitkan majalah al-Manar. Tujuan penerbitan tersebut adalah untuk menjadicorong bagi gerakan pembaruan Islam dalam memajukan umat Islam dan membebaskan dari belenggu penjajah.
Adapun pokok-pokok pemikiran Rasyid Ridha adalah sebagai berikut.
a) Kemunduran umat Islam dalam berbagai aspek kehidupan adalah karena umat Islam yang berpaling dari ajaran-ajaran Islam, karenanya umat Islam dalam mengejar ketertinggalan dari bangsa Eropa dengan satu syarat, yaitu harus kembali kepada ajaran Islam sebenarnya yang diajarkan Rasulullah Saw. dan dipraktikkan oleh para sahabat;
b) Penyebab lain kemunduran umat Islam adalah merebaknya paham fatalisme di dunia Islam. Padahal, ajaran agama Islam sejatinya mendorong umatnya bersifat dinamis;
c) Ilmu pengetahuan modern tidak bertentangan dengan agama Islam. Karena itu, sudah sepantasnya umat Islam yang mendambakan kemajuan, harus siap mempelajari ilmu-ilmu modern. Bahkan, belajar ilmu modern sebenarnya adalah mengambil kembali pengetahuan yang pernah dimiliki umat Islam;
d) Hukum-hukum fiqih yang berkenaan dengan kemasyarakatan tidak boleh dianggap absolut. Hukum-hukum itu ditetapkan sesuai dengan tempat dan zaman. Karenanya, Ridha menganjurkan untuk berijtihad. Menurutnya, ijtihad sebagai modal awal demi keberlangsungan syariat Islam yang memenuhi seluruh kebutuhan pembaruan;
e) Apabila umat Islam ingin maju, maka umat Islam harus terlebih dahulu mewujudkan persatuan dan kesatuan.
Di antara Kitab yang ditulis Rasyid Rida adalah adalah
1. Tarikh al-Ustadz al-Imam al-Syekh Muhammad Abduh (Biografi Imam Muhammad Abduh
2. Nida’ li jins al-latif (panggilan terhadap kaum wanita)
3. Al-Wahyu Muhammad (Wahyu Nabi Muhammad)
4. Yusr al-Islam wa ushul al-Tasyri’ al ‘am (Kemudahan Islam danPrinsip-prinsip umum dalam syariat)
5. Huquq al-Mar’ah al-Shalihah (Hak-Hak Wanita Muslim)
- Peradaban Islam pada Masa Modern
- Kondisi Islam pada Masa Modern
- Muhammad Ali Pasya (1765 – 1849 M)
- Rifa’ah Baidawi Rafi’at at-Tahtawi (1801 - 1873)
- Jamaludin Al-Afghani (1838 – 1897 M)
- Muhammad Abduh (1849 - 1905 M)Muhammad Iqbal (1877 - 1938 M)
- KH. Ahmad Dahlan (1868 – 1923 M)
- KH. Hasyim Asy’ari (1871–1947)
- Pengaruh Islam Masa Modern bagi Indonesia